Cooking Taimu!

Jarang-jarang banget nih seorang gue, main kedapur. Udah dari berbulan-bulan lalu gue ngidam banget bikin kare. Kalo beli di restoran lumayan mahal kann. Bulan lalu, temen gue sempet beli di lottemart Gandaria. Tapi waktu itu gue ga beli karena keuangan terbatas ahahaha. Luamayan mahal sih emang si bumbu kare ala ala Jepang ini. Ada beberapa merk (ini bukan entry iklan loh ya), cuma, dari dulu gue suka banget sama merk merah-kuning ini. Cuma harganya emang cenderung mahal dan tiap kali mau beli pasti mikir.
Giliran udah kebelet banget, nyesel senyesel nyeselnya kenapa gue ga beli bulan lalu. Soalnya gue cari di lottemart deket (agak jauh sih) dari rumah, ngga adaaaaa. Adanya merk lain yang agak murah, tapi gue ga begitu suka rasanya *sombong bener lidah gue*

Kare (curry) itu sebenernya macem-macem. Kalo Indonesia punya, kata nyokap ga beda jauh sama yang namanya gulai. Cuma, yang ala ala Jepang ini begini penyajiannya.

Sori ye, caption gambarnya sok nge-engrish tapi kemampuan nulis gue harus mentok di bahasa XD

1-kareii

bahan, suka-suka. Tapi kalo secara umum: wortel, kentang, bawang bombay sama ayam (daging atau yang boleh makan babi, boleh pake babi) XD
Gue sengaja bikin porsi 1-2 orang. Dirumah yang doyan makan beginian cuma gue seorang masalahnya. Metode masak yang gue pake ini beda sama contoh gambar yang diatas tadi. Kebanyakan, penyajiannya saus kare sendiri dan nasi sendiri. Kalo ini, semuanya langsung dimasak dari awal pake rice cooker!!

3-kareii

Dari beras, jangan lupa dicuci yaa. Karena untuk sendiri, berasnya 1/2 kaleng aja. Masukin deh tadi semua bahan yang udah dipotong-potong. Campur pake air panas sekitar 2-3 gelas kecil terus diaduk.
Abis diaduk, jangan lupa rice cookernya diganti jadi cooking mode yaaa. Tunggu sekitar 20-45 menit sampe airnya kering.

2-kareii

JEEENG. NASI GORENG… eh. NASI KARE AYAM siap disantap~ penampakannya emang nasi goreng banget sih karena bumbu sama nasi udah campur jadi satu.
Sebenernya tulisan gue ini ga pantes untuk diikutin karena pastinya akan malpraktek kalo dicobain sama orang lain. Ada baiknya, menggunakan kekuatan mbah google “how to cook curry rice with rice cooker”. Banyak kook~

penting untuk yang mau bikin cuma 1 porsi:
– nasi 1/2 kaleng susu kental manis aja
– 2-4 sendok makan bumbu kare
– 2-3 gelas air panas (kalo mau cepet mateng)
– yakinkan kalo airnya udah bener-bener seret.

Selamat mencuba~ sori ye bahasanya acak kadut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s